rpp kurikulum 2013 revisi
rpp kurikulum 2013 revisi

Format dan Tata Cara Penyusunan Proposal Pengajuan Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Melalui MGMP 2015

Info Kuipper School.Dalam upaya percepatan program pemberian bantuan karier guru melalui kegiatan di MGMP SMPdalam pengajuan proposal harus dilengkapi berkas MoU dan kuitansidana bantuan rangkap 2 (dua) dengan ketentuan:
  1. Berkas 1 (satu) MoU diisi lengkap dengan ditandatangani oleh ketua MGMP SMP di atas materai Rp6.000 (enam ribu rupiah) dan distempel (contoh lihat lampiran 1);
  2. Berkas 2 (dua) MoU ditandatangani oleh ketua MGMP SMP bermaterai dan distempel (contoh lihat lampiran 1);
  3. Kuitansi dana bantuan, diisi lengkap dan ditandatangani oleh ketua MGMP SMP bermaterai dan distempel (contoh lihat lampiran 2).
MoU dan kuitansi yang ditandatangani belum berlaku MOU/kuitansi dimaksud dinyatakan berlaku jika MGMP SMP yang mengajukan proposal dinyatakan lulus seleksi dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. 
Bagi Peserta MGMP SMP yang berminat untuk memperoleh bantuan peningkatan karier PTK SMP wajib menyusun proposal dengan sistematika sebagaimana berikut.
  • HALAMAN JUDUL ( diisi judul lengkap binkar yang akan dikerjakan)
  • HALAMAN PENGESAHAN ( pengesahan dari dinaspendidikan )
  • ABSTRAK (diisi deskripsi singkat lingkup kegiatan)
  • KATA PENGANTAR (diisi hal yang mengantarkan maksud dari kegiatan yang diajukan)
  • DAFTAR ISI (diisi sesuai dengan daftar kegiatan dan sistematika proposal)
  • DAFTAR TABEL (diisi daftar tabel jika ada) DAFTAR LAMPIRAN (diisi daftar lampiran jika ada)
BAB 1 PENDAHULUAN
  • Latar Belakang (diisi menjawab mengapa kegiatan diperlukan)
  • Dasar Hukum ( diisi secara juridis yang melandasirencana kegiatan)
  • Tujuan (diisi tujuan umum dan khusus atas kegiatan yang diajukan)
  • Sasaran (diisi target sasaran peserta yang diikutsertakan dalam kegiatan)
  • Hasil yang diharapkan (diisi harapan pelaksanaan kegiatan yang diusulkan)
  • Manfaat (diisi manfaat atas kegiatan yang diperoleh jika mendapat bantuan)
  • Dampak (diisi dampak dari kegiatan yang dilaksanakan jika mendapat bantuan)
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM
  • Program, antara lain mencakup: 
  1. Tempat dan waktu (diisi dimana dilaksanakan dan kapan dilaksanakan);
  2. Bentuk dan pola (pilih pola dan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan);
  3. Metode (diisi strategi dan metode pelaksanaan kegiatan);
  4. Struktur program (diisi nama binkar/workhsop dan jumlah jam per mata binkar);
  5. Silabus (diisi standar kompetesi/sub kompetensi, silabus untuk setiap mata bimtek yang akan dikembangkan);
  6. Pengarah (diisi nama pejabat dan jabatannaya; wajib mengundang dinas pendidikan kabupaten/kota untuk memberikan arah dan kebijakan);
  7. Narasumber(diisi narasumber yang akan dilibatkan pada kegiatan yang akan diselengarakan, misal dari unsur dinas, P4TK, LPMP, LPTK, guru inti, PTK teladan, dan pakar lain yang relevan, 
  8. Peserta (diisi calon peserta/anggota yang akan mengikuti kegiatan);
  9. Panitia (diisi nama panitia berikut nama jabatan dan asal institusi):dan 
  10. Aspek lain yang relevan.
  • Rincian Kegiatan (diisi detail kegiatan yang akan dilaksanakan);
  • Jadwal/Agenda (diisi mata pembinaan karier, hari dan tanggal, alokasi waktu, penyaji, dan aspek lain yang relevan);
  • Rencana Anggaran Biaya Riil, ditail rencana penggunaan dana(lihat lampiran 7).
BAB IIIPENUTUP
A. Kesimpulan (diisi ringkasan dari keseluruhan harapan rencanakegiatan)
B. Rekomendasi (diisi harapan sumbang saran untuk masa depan)

LAMPIRAN
  1. Susunan Kepengurusan Organisasi MGMP SMP.
  2. Rekapitulasi pengurus dan keanggotaan MGMP SMP (Lampiran 3).
  3. Fotokopi MoU yang sudah ditandatangani di atas materai Rp.6.000dan distempel; oleh ketua MGMP SMP calon penerima bantuan dana), dibuat rangkap 2. (Lampiran 1).
  4. Kuitansi yang sudah ditandatangani (di atas materai Rp6.000 dan distempel) oleh ketua MGMP SMP calon penerima bantuan dana, dibuat rangkap 2. (Lampiran 2).
  5. Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan melaksanakan program kegiatan yang dibantu melalui program pengembangan karier PTK dikdas dari Dit. P2TK Dikdas danmelakukan publikasi hasil kegiatan (Lampiran 4).
  6. Surat pernyataan bahwa proposal yang diajukan asli dan benar sesuai dengan kondisi lapangan (Lampiran 5).
  7. Fotokopi rekening yang masih aktif pada bank Pemerintahatas nama MGMP SMP, bukan atas nama pribadi.
  8. Fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas nama MGMP SMP, bukan atas nama pribadi.
  9. Lapiran tentangDeskripsi Program Kerja dan Hasil Pelaksanaan Kegiatan MGMP Selama Satu Tahun Terakhir, yang memuat minimum antara lain:
  • Rekapitulasi dan Deskripsi Program Kerja Satu Tahun Terakhir(yangdisahkan oleh ketua calon penerima bantuan dana);
  • Rincian Pengeluaran Dana Satu Tahun Terakhir; dan
  • Bukti Hasil Pelaksanaan Program,antara lain: foto kegiatan, contoh hand-out, presensi peserta, dan hal lain yang relevan.
KETERANGAN: Khusus lampiran nomor 3, 4, 5, 7 dan 8 merupakan dokumen asli, dan lampiran 3, 4, 5, 7, dan 8 dibundel secara khusus tetapi tidak dijilid menjadi satu dengan proposal. Bundel lampiran tersebut cukup dimasukkan di dalam proposal.
Bentuk Sampul
Teknik Penulisan
Proposal bantuan peningkatan karier PTK SMP melalui MGMP SMP tahun 2015 disusun dengan ketentuan:
  1. Ukuran kertas: A4;
  2. Tebal kertas: minimal 70 mg;
  3. Orientasi:portrait;
  4. Garis tepi/margin: 4 – 4 – 3 – 3 cm;
  5. Jenis huruf: arial;
  6. Ukuran huruf: 12;
  7. Spasi: 1,5;
  8. Sampul/cover proposal warna BIRU.
Baca Juga : Besaran Dana Yang Diterima dan Jumlah Sasaran Penerima Bantuan Peningkatan Karier PTK SMP Melalui MGMP SMP 2015
Baca Juga : Penggunaan Dana Bantuan Peningkatan Karir PTK SMP Melalui MGMP SMP tahun 2015 
Baca Juga : Persyaratan Pengajuan Proposal dan Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan Karier PTK SMP Melalui MGMP SMP Tahun 2015
Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat!!! 

Informasi Terbaru

Back To Top